Menghemat listrik tapi tetap nyaman?

Jaman sekarang, semua peralatan menggunakan listrik untuk memberikan kenyamanan pada kehidupan kita. Bahkan mobil dan motor sekarang ini berlomba-lomba menggunkaan listrik sehingga tidak perlu lagi mengisi bahan bakar.

Demikian pula, apabila kita perhatikan hampir semua peralatan di rumah kita menggunakan listrik agar dapat berfungsi dengan baik. Sebut saja Pendingin / Pemanas Ruangan, Refrigerator, Peralatan Hiburan & Multimedia, Internet dan masih banyak yang lainnya.

Lalu bagaimana caranya menghemat listrik di jaman semuanya menggunakan listrik sebagai daya utamanya?

Apabila kita perhatikan, pemakaian listrik terbanyak dalam rumah kita adalah Pendingin Ruangan / AC karena menggunakan daya listrik paling besar. Apalagi sekarang hampir di setiap kamar tidur dan bahkan ruang keluarga menggunakan Pendingin Ruangan / AC.

Ternyata, dengan menggunakan jendela yang tepat bisa menghemat pemakaian listrik yang cukup signifikan sebanyak hingga 30% dari tagihan listrik per bulan.

Apakah kriteria jendela yang bisa menghemat tagihan listrik? Setidaknya harus memiliki:

  • Bingkai daun dan kusen yang rapat dan berbahan yang tidak menghantarkan panas atau dingin
  • Pemakaian kaca jendela ganda terinsulasi sangat disarankan untuk menahan transmisi panas ke dalam ruangan
  • Pemakaian kaca dengan lapisan Penahan Panas (Low-E) juga sangat disarankan untuk menolak panas dari luar

Tiga dimensi dari Desain Jendela Hemat Energi, sebuah jendela hemat energy adalah sebuah sinergi dari seluruh komponennya. Dimana anda akan melihat kaca, spacer dan bingkai.

  • Bingkai – Satu bagian penting yang harus anda pertimbangkan adalah bahan dari bingkai. UPVC merupakan bahan bingkai jendela yang hemat energy. Bahan ini sangat baik dalam mengurangi perambatan panas. Tujuan akhir anda dari menggunakan bahan ini adalah biaya dan estetika. Dalam melakukan pemilihan, pastikan bingkai UPVC yang anda pilih telah secara teknis dirancang untuk performa terbaik. Sebagai contoh, rancangan penyekat atau chamber di dalam bingkai akan menambah kekuatan, mengurangi suara dan nilai insulasi.
  • Kaca – kaca insulasi dirancang menggunakan gas argon sebagai pengisi rongga diantara 2 bilah kaca. Kaca jenis ini akan meredam jauh lebih baik dibandingkan kaca tunggal. Dengan lapisan Low-E pada kaca akan menghalangi sinar inframerah untuk tetap berada diluar ruangan pada saat panas di cuaca yang terik. Selain itu lapisan ini juga memfilter sinar ultraviolet (UV) untuk melindungi lapisan interior seperti mebel dari pemudaran warna.
  • Spacer – Rongga menjaga dua bilah kaca memiliki jarak yang tepat untuk aliran udara diantara bilah kaca. Aliran udara yang terlalu sedikit ataupun terlalu banyak akan mengakibatkan efisiensi kinerja kaca insulasi. Desain dan bahan dari spacer juga dapat membuat perbedaan besar dalam kemampuannya menangani pemuaian dan kontraksi serta mengurangi terjadinya kondensasi.

Menurut Departemen Energi Amerika Serikat

Kebocoran dan inefisiensi jendela, skylight dan pintu berkontribusi rata-rata hingga 25% dari besar tagihan listrik. Beberapa sumber bahkan memperkirakan setinggi 40%. Hal ini sangat bergantung pada di daerah mana anda tinggal:

  • Pada daerah yang dingin, energy hilang dalam bentuk pemanasan
  • Pada daerah yang panas, energy hilang dalam bentuk pendinginan
  • Semakin dingin atau panas cuacanya, maka akan semakin tinggi biaya pemanasan ataupun pendinginan dan semakin tinggi potensi anda miliki untuk menghemat uang untuk biaya energy atau listrik.

Mengganti seluruh jendela di rumah anda akan merupakan investasi yang besar. Kabar baiknya investasi ini dapat membayar sendiri pengembaliannya hanya dalam waktu beberapa tahun yang singkat. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Membuat penampilan rumah lebih menawan sehingga meningkatkan harga jual kembali. Menurut laporan Biaya vs Nilai rumah oleh sebuah majalah renovasi REALTOR, pemilik rumah mendapatkan pengembalian 93% dari penggantian jendela ke UPVC.
  • Mengurangi biaya pemanasan ataupun pendinginan yang menghemat biaya setiap tahun.
  • Meningkatkan kenyamanan rumah anda.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Comment

Booking Jadwal Konsultasi
Calendar is loading...
captcha

Social Media

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.

Categories

On Key

Related Posts

Mudah dan Nyaman Pakai Pintu UPVC Lipat

Pintu UPVC Lipat Pintu UPVC Lipat sangat disukai oleh banyak orang karena memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi pemilik rumah yang menggunakannya. Itu sebabnya semakin banyak client yang memilih menggunakan Pintu UPVC Lipat dari Fentura meskipun pada awalnya mereka merasa mahal harganya. Namun setelah mempelajari lebih detil konfigurasi dan kualitas system Pintu UPVC Lipat Fentura,

Cahaya Alami, lebih sehat & hemat biaya

Penggunaan cahaya alami di rumah anda merupakan seni dan penerapan ilmu pengetahuan. Cahaya dapat menyinari ruang interior anda dan mengendalikan panas matahari untuk mengurangi tagihan listrik untuk system penerangan anda. Jendela sangat jelas mempunyai peran penting, dan pemahaman mengenai arti pentingnya jendela akan sangat berpengaruh pada berapa banyak sinar matahari yang masuk dan pada saat

5 Hal yang bisa merugikan Anda sebagai Pemilik Proyek Pembangunan Bangunan

Sebuah proses pembangunan bangunan baik itu rumah yang sederhana, bangunan bertingkat rendah sampai dengan 4 lantai, hingga bangunan pencakar langit selalu menyimpan masalah tersembunyi yang banyak tidak disadari oleh Pemilik yang mendanai pekerjaan tersebut. Proses pembangunan baik bangunan baru ataupun renovasi bisa kita sebut sebagai Proyek. Berikut ini adalah 5 hal tersembunyi yang bisa merugikan

Kusen UPVC, Jendela UPVC, Pintu UPVC motif kayu

Kusen Upvc Yang Bagus

uPVC atau Unplasticized Polyvinyl Chloride merupakan turunan dari plastik yang mengalami proses tertentu sehingga sifat lentur/plastiknya dihilangkan. Hasil akhir material ini menjadi keras dan kemudian diaplikasikan ke berbagai macam bidang industri, yang salah satunya sebagai bahan bangunan khususnya pintu dan jendela.